Selamat Datang dan Selamat Membaca

CATATAN

Puji dan Syukur saya panjatkan ke Hadirat Allah SWT, karena berkat Rahmat dan Karunia-Nya sehingga saya dapat membuat dan menyusun Blog ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam Blog ini saya membahas mengenai Materi-materi yang dipelajari ketika mengikuti mata kuliah Statistika Dasar.

Blog ini dibuat dengan berbagai pengumpulan data dan informasi dari berbagai buku dan link juga untuk menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan dan pembuatan Blog ini, dimana Blog ini sendiri dibangun untuk memenuhi salah satu proyek mata kuliah Statistika Dasar dengan dosen pengampu Bapak Apit Fathurohman, S. Pd., M. Si. Tak dapat dipungkiri bimbingan dari dosen pengampu saya sangatlah penting dan mengambil andil tersendiri dalam pembuatan Blog ini, Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada isi maupun tampilan Blog ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun bagi Blog ini. Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan Blog ini.

Akhir kata semoga Blog ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.

Palembang, November 2014
Pembuat Blog

Desty Permata Sari
(06111381320004)

Sabtu, 22 November 2014

STATISTIKA - SEJARAH STATISTIKA

Sejarah Statistika

 
Jika ditanya tentang statistika atau ilmu statistik, kebanyakan orang akan beranggapan tentang suatu ilmu yang membutuhkan persamaan matematis yang sulit dan rumit, serta baru berkembang pada masa sekarang ini. Padahal jika dilihat dari pengertiannya Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data, maka ilmu statistik bukan merupakan hal baru bagi kehidupan manusia, karena sudah sejak lama digunakan untuk berbagai keperluan hidup manusia.

Namun, sebagian dari kita masih ada yang belum mengerti betul akan statistika yang sebenarnya, karena ada yang menganggap antara statistika dan statistik merupakan paduan kata yang memiliki arti sama. Istilah ‘statistika’ berasal dari bahasa Inggris statistics yang berbeda dengan ‘statistik’ (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.

Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri). Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

Sejarah Statistika

Statistika sebagai suatu metode mulai dibahas secara ilmiah walaupun masih dalam bentuk teori yang kemudian dikenal dalam terminologi statistika sebagai “Central Limit Theorem” yang diperkenalkan oleh Jacques Bernoulli (1654-1705), yang menyatakan bahwa semakin besar sampel maka semakin tepat keakuratan suatu prediksi. Walaupun jauh sebelum itu teori tersebut sudah diulas oleh Gerolamo Cardana (1505-1576), dalam bukunya “Liber de Ludo Aleae (The Book on Games of Chance).

Kemudian Gottfried Achenwall (1749) menggunakan Statistika dalam bahasa Jerman untuk pertama kalinya sebagai nama bagi kegiatan analisis data kenegaraan, yaitu dengan mengartikannya sebagai “ilmu tentang negara (state)”. Kemudian pada awal abad ke-19 terjadi pergeseran arti menjadi Statistika itu sendiri menjadi “ilmu mengenai pengumpulan dan klasifikasi data”.

Kemudian Dr. Zimmerman membawa dan memperkenalkan kata tersebut di daratan Inggris dan mengubahnya menjadi Statistics. Penggunaan kata tersebut semakin populer setelah itu Sir John Sinclair memperkenalkan nama dan pengertian ini dalam sebuah buku berjudul “Statistical Account of Scotland” pada tahun 1791-1799 dalam bahasa Inggris. Memang pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 statistika mulai banyak digunakan dalam bidang-bidang matematika, terutama peluang. Sedangkan cabang statistika yang pada saat ini sangat luas digunakan untuk mendukung metode ilmiah, yaitu statistika inferensi, dikembangkan pada paruh kedua abad ke-19 dan awal abad ke-20 oleh Ronald Fisher (peletak dasar statistika inferensi), Karl Pearson (metode regresi linear), dan William Sealey Gosset (meneliti problem sampel berukuran kecil), Galton (meneliti korelasi dalam ilmu biologi)

Berikut beberapa tokoh pengembang statistika :

  • Carl Gauss
  • Blaise Pascal
  • Sir Francis Galton
  • William Sealey Gosset (dikenal dengan sebutan “Student”)
  • Karl Pearson
  • Sir Ronald Fisher
  • Gertrude Cox
  • Charles Spearman
  • Pafnuty Chebyshev
  • Aleksandr Lyapunov
  • Isaac Newton
  • Abraham De Moivre
  • Adolph Quetelet
  • Florence Nightingale
  • John Tukey
  • George Dantzig
  • Thomas Bayes
  • Dr.Andi Hakim Nasution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar