Selamat Datang dan Selamat Membaca

CATATAN

Puji dan Syukur saya panjatkan ke Hadirat Allah SWT, karena berkat Rahmat dan Karunia-Nya sehingga saya dapat membuat dan menyusun Blog ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam Blog ini saya membahas mengenai Materi-materi yang dipelajari ketika mengikuti mata kuliah Statistika Dasar.

Blog ini dibuat dengan berbagai pengumpulan data dan informasi dari berbagai buku dan link juga untuk menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan dan pembuatan Blog ini, dimana Blog ini sendiri dibangun untuk memenuhi salah satu proyek mata kuliah Statistika Dasar dengan dosen pengampu Bapak Apit Fathurohman, S. Pd., M. Si. Tak dapat dipungkiri bimbingan dari dosen pengampu saya sangatlah penting dan mengambil andil tersendiri dalam pembuatan Blog ini, Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada isi maupun tampilan Blog ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun bagi Blog ini. Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan Blog ini.

Akhir kata semoga Blog ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.

Palembang, November 2014
Pembuat Blog

Desty Permata Sari
(06111381320004)

Sabtu, 22 November 2014

STATISTIKA - STATISTIKA DASAR

Statistik berasal dari kata state/status yang berarti Negara, karena beberapa keterangan-keterangan yang dibutuhkan dan berguna bagi Negara.


2. Bentuk Kata Statistik

a. Plural

Statistik diartikan sebagai kumpulan fakta-fakta yang berupa angka-angka (data kuantitatif) yang menunjukkan serangkaian kejadian baik yang belum tersusun dalam bentuk table maupun yang sudah berbentuk table.
Contoh : Data hasil penjualan Toko “A” dari tahun ke tahun.
Data jumlah penduduk suatu daerah “X”.

b. Singular
Statistik diartikan sebagai teknik atau metode guna mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis data kuantitatif sehingga data tersebut bisa berbicara


3. Teknik/metode Statistik


a. Statistik Deskriptif (arti sempit)
Statistik diartikan sebagai susunan angka yang memberikan gambaran tentang data yang disajikan dalam bentuk table, diagram, histogram, polygon frekuensi, ogive, ukuran penempatan (median, kuartil, desil dan persentil), ukuran gejala pusat (rata-rata hitung, rata-rata ukur, rata-rata harmonic dan modus), simpangan baku, angka baku, kurva normal, korelasi dan regresi.

b. Statistik Inferensi/induktif/probabilitas (arti luas)
Statistik diartikan sebagai salah satu alat untuk  mengumpulkan data, mengolah data, menarik kesimpulan dan membuat keputusan berdasarkan analisis data.

Statistik inferensi  berdasarkan syarat data, terbagi dalam dua bentuk, yaitu :
1. Statistik Parametrik
Statistik yang datanya memenuhi sifat interval, normal, homogen,
random dan linier.
Contoh : – pengujian hipotesis, regresi untuk menyimpulkan,
korelasi, uji t, ANOVA, MANOVA

2. Statistik Nonparametrik
Statistik yang datanya kurang dari 30, tidak normal, tidak linier.
Contoh :  – uji binomial, uji Chi-kuadrat, uji Kruskal-Walhi, uji
Fredman dll.

4. Keilmuan Statistik


a. Statistik Matematik
Ilmu yang mempelajari asal-usul atau menurunan sifat-sifat, dalil-dalil, rumus, serta dapat diwujudkan kedalam model-model lain yang bersifat teoritis.

b. Statistik Praktis
Penerapan statistik matematik kedalam berbagai bidang ilmu lainnya.

STATISTIK DAN STATISTIKA
 
Statistik,
Ilmu atau seni yang mempelajari tentang statistik dalam dalam sempit, yaitu dari metode pengambilan/pengumpulan data dan sampai pada penyajian data.
Contoh : Deskripsi tentang data penduduk pada desa, data hasil pertandingan olah raga, data pendapatan per kapita suatu Negara, dll.


Statistika,
Ilmu atau seni mempelajari metode/teknik pengumpulan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, interpretasi data dan kesimpulan untuk mendapatkan suatu keputusan.(Statistik inferensi).

ContoH: Statistik parametric dan nonparamterik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar